twitter
rss




Temarasa percayadiri yang sayamaksudkandalamkonteksiniadalahtentang rasa percayadiridalambersosialisasiatauberinteraksidenganmanusia lain.

2 hal yang menjadiakarmasalah, mengapa orang tidakmamputampilpercayadiriadalah:
  1. Tidakmengertidanmenyadaribetapaunikdanberharganyadirinya
  2. Terlalumencemaskanapa yang dipikirkan orang lain tentangdirinya
  • Tidakmengertidanmenyadaribetapaunikdanberharganyadirinya
Pada point 1 di atas, bahwasetiapmanusiaadalahindividu yang unikdanberharga, adalahfakta ,setiapkesadaranjiwamanusiaakanmengakuibahwadirinyalebihberhargadari orang lain. Sebagicontoh , sayaseoranglelaki yang tidak se-tampandan se-kaya Tom Cruise , tapijika Tuhan menawarkansaya "mautidakjiwamu di tukardenganjiwa-nya Tom Cruise/bertukartubuh" , jawabansayasudahjelastakmau, dansayayakinsecara normal semua orang jugaakansependapatdengansaya.

Jika di formulakansecararasio, kuranglebihsepertiilustrasiberikut :
- Tidakpercayadiri/minder = Tidakmenghargaidirisendiri = tidak men-syukurikehidupandansegalahal yang telah di berikanTuhan Yang MahaSempurna = Dosa = Salah

- Sesuatu yang nampaktidaknyamandirasakan, bukanberartitidakberharga, dansebaliknyasesuatu yang nyamandirasakanbelumtentuberharga. Contoh :Olah raga adalahcapek, tapi demi sehatbanyakmelakukannyadengangembira - menyumbangkanuangkepada orang miskinadalahsecaramaterirugi, tapibanyak yang melakukandenganbangga - korupsiadalahenak, tapiitusamasajamelukaihatinuranisendiridan orang lain/hina, begitujugadenganpelacur yang meskimendapatkepuasanseksjugadapatuangdengannyaman, tapihatinuraninyapastitersiksaselain di rendahkan orang lain.

- Dirikitaadalahunik, karenamemangtakadamanusia lain yang menyerupaikitasepenuhnya, danjugaberharga, karenakehidupanadalahanugerah/bukanaibataucela .semua yang merasahidupdanmenjalani
hidupinibertanggungjawabsecara moral untukmenjunjungtinggidanmenghargainya.

0 komentar:

Posting Komentar