twitter
rss



Tips Menjaga Hati


Hati adalah salah satu organ tubuh yang mempunyai peran sangat penting untuk kesehatan kita. Tanpa hati yang berfungsi secara sempurna maka racun yang ada dalam tubuh tidak akan bisa dengan sempurna disaring dan dibersihkan. Hati bekerja untuk membantu fungsi ginjal dengan cara memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino.
Agar hati dapat tetap bekerja secara normal maka kita harus selalu menjaga kesehatan hati. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan hati adalah seperti:

1. Makan makanan yang sehat
Diet (pola makan) yang tidak sehat dapat menyebabkan kekurangan gizi atau obesitas, dua kondisi yang dapat mempengaruhi fungsi hati. Makan makanan yang sehat dan seimbang akan membantu menjaga hati Anda dalam kondisi baik. Ada baiknya isi kulkas Anda dengan bahan makanan, yang rendah lemak, tinggi serat makanan, seperti sayur dan buah. Kurangi makanan dengan kadar gula tinggi serta konten garam.
2. Tetap hidup bersih
Hepatitis A terutama menyebar akibat kurangnya kebersihan makanan yang terinfeksi. Selalu konsumsi makanan yang dipersiapkan dengan benar.
3. Batasi paparan bahan kimia beracun
Paparan pada gas yang keluar dari cat atau bahan kimia lain membuat organ hati bekerja keras mendetoksifikasi tubuh Anda. Sebaiknya batasi dan hindari paparan zat kimia.
4. Hati-hati dengan obat-obatan
Obat-obat dan suplemen tertentu jika tidak diminum dengan benar dapat membahayakan hati. Selalu ikuti petunjuk dosis dan saran dokter untuk menghindari interaksi obat untuk menghindari overdosis.
5. Seks aman
Hepatitis A, B dan C adalah penyakit hati yang dapat ditularkan dalam berbagai cara, termasuk seks tanpa kondom. Mempraktekkan seks yang aman, misalnya, menghindari berganti pasangan seksual akan membantu mengurangi kesempatan Anda tertular hepatitis B dan C.
Semoga informasi tentang bagaimana cara menjaga kesehatan hati diatas dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar