twitter
rss



SejarahSulapDunia

Memangsulituntukmengetahuikapansulappertama kali ada.Tetapi, adabendapeninggalansejarah yang berasaldarizamanmesirkuno, yaitulembaran papyrus yang berisitentanghal-hal yang berkaitandengansulap. Di lembarantersebuttertulispadasekitar 2700 tahun SM, yang menceritakansuatukisah yang terjadipadasekitar 2600 tahun SM. Seseorangbernama Dedy, seorangpesulapMesir di panggiluntukmenghibur Raja Cheops. Disitudiamenunjukkansebuah trick yang sangatmengagumkan, yaitudenganmemotongkepalaseekorhewandanmengembalikannyadalamkeadaanhidup.
Di abadke 18 sulapmenjadisuatupertunjukan yang sangat popular. IsaacFawkes merupakanseorang yang berjasadalammembangkitkanminatdanmempopulerkansulap di Inggris.DiabermainpadasuatuPekanraya yang besardanmenarikkumpulanbanyak orang untukmelihat trick -tricknya yang menakjubkan, banyak yang percayabahwaprinsipdarialat-alatnya yang spektakulertersebuttelahmelampauijamannyapadasaatitu. Salah satudarisulapnya yang ajaibadalah sebuahpohonapel yang tumbuhdanmekarbahkanmenghasilkanbuahdalamwaktuhanyakurangdarisatumenit. Diamenjadisangatterkenaldanmenjadi kaya rayahinggakematiannya.
Giuseppe Pinetti (1750 -1800), lahir di Italy, merupakanseseorang yang berpengaruhdalamsejarahsulap. Diinspirasikanolehkesuksesan Isaac Fawkes, diajugamempertunjukansulap yang ajaibdanmenakjubkan.Dimanapuniatampilselalumemperolehkesuksesan yang luarbiasa. Bahkankarenaketenarannyaiaseringdimintatampiluntukkeluargakerajaan.
John Henry Anderson (1814 -1874) adalahpesulapdariSkotlandia, seringdisebutsebagai ?The Wizard of the North? DiasangatsuksesmenembusseluruhEropa, Amerikadan Australia.Bahkanlebihdahuludari Harry Houdini, pesulap yang paling terkenaldalampublikasi.Anderson dikenaldenganalat-alatnya yang sangatbesar, yang banyakterbuatdariperak solid.Diasempatmenjadi kaya yang padaakhirnyakehilangankekayaannyasetelahbeberapa theatre tempatiamelakukanpertunjukanhabisterbakardanmenjadikandiabangkrut.
Sejaksaatitumasyarakattelahmengenalsulapsebagaisuatubentuksenipertunjukan.Kepopuleranduniasulapberlanjuthinggakeabadberikutnyabahkanbanyakbermunculanpesulap – pesulaphebat yang mempertunjukankeahliannya di hadapanpenonton yang yanglebihbanyakjumlahnya.Padamasatersebutsebelumadanyapertunjukan film dantelevisi, sulapmerupakansalahsatubentukpertunjukanhidup yang sangatpopulerdanmembangkitkanantusiasmasyarakatdimanapunmerekamengadakanpertunjukan.

0 komentar:

Posting Komentar