twitter
rss




Ada baiknyaAndamembuatpersiapan yang baikbuatsatu semester kedepan. Takubahnyaparapesertadiri yang dituntutmempersiapkansegalakeperluan, sepertibukupelajaran, bukutulisataubajuseragam.Selainitu, adabeberapahalpenting yang perluAndaperhatikan, Pertama, tentukan target Anda di semester iniapa. Kemudianbuatjadwalharian yang isinyalangkah-langkahmenuju target tersebut. Supaya target belajar goal-nyalebihcepat, berikutadabeberapa tips bagaimanacarabelajar yang efektif, yang telahterujiolehbeberapanegeramaju. Tips ini bias Andajalankansendiri, atauditularkankepadapesertadidikAnda.
1. SeorangtemandariAmerikamemberi saran belajar yang diadapatdariayahnya. Haripertamasekolah, ulangkembalipelajaran yang telahdidapat.Setelahitubacasingkatduahalamanmateriberikutnyabuatcarikerangkanyasaja.Begitupelajarantersebutditerangkan guru esoknya, Andasudahpunyagambaranataudasarnya, tinggalmenambahkansajaapa yang belumAndatahu. Jadibegitupulangsekolah, tinggalmengulangsajauntukmencarikesimpulanatauringkasan.
2. Usahakanselalukonsentrasipenuhwaktumendengarkanpelajaran yang disampaikan guru atautotor. Materi yang AndadengarbakalmudahdipanggillagibegituAndamenghapalulangpelajarantersebut.
3. Beberapatemanjugamerekomendasikanuntukmengetikulangcatatanpelajarankedalamkomputer. Logikanya, denganmengetikulangcatatanberartisamasajadenganmembacaulangpelajaran yang barusajadidapatdarisekolah. Materi yang diulangtadibisatersimpan di memoriotakbuatjangkawaktu yang lama.Lebihbaguslagikalomembacanyakembaliataumempelajaricatatantersebutsetelahdiketik.
4. Cara lainadalahdenganmembacaulangcatatanpelajarankemudianbuatkesimpulandengankalimatsendiri. Supayadapatterpatri lama di memori, tuliskesimpulantadi di secarikkertaskecilseukurankartunama. Kartu-kartutersebutefektifuntukmengulangdanmembacasingkatkalasenggang.
5. Temanlainnyamenyarankanuntukselalumenggunakanbukucatatan yang berbedapadasetiapmatapelajaran. Cara inidinilailebihteratursehinggapadawaktuinginmengulangsuatupelajarankitatidakperlulagiharusmembukasemuabuku.
6. Mengulangpelajarantidakselamanyaharusdenganmembacaataumenulis. Mengajariteman lain tentangmateri yang barudiulangbisamembuatmuselaluingatakanmateritersebut. Bagusnyalagi, Andamenjadilebihpahamakanmateritersebut.
7. Belajarmendadakmenjelangtesmemangtidakefektif. Paling tidaksebulansebelumulanganadalahmasa ideal buatmengulangpelajaran.Materi yang banyakbukanmasalah.Caranya: selalubuatringkasanataukesimpulanpadasetiappelajaran, kalauperlupakaitabelataugambarilustrasisupayamudahdiingat.
8. Ada beberapateman di Australia yang menyukaiwaktubelajarpadasianghari. Maklum, badanmasihsegarsetelahtidurcukup di malamhari, jadisemangatmasihtinggi. Kondisi yang bagustersebuttidakmerekasia-siakanbegitusaja.Pagimerekakonsentrasipenuhpadapelajaran di kelasdansiangnyakonsentrasiuntukmengulangkembali.Malamharihanyamerekagunakanuntukmengerjakanaktivitasringanataupekerjaanrumah.Jaditidakpernahada kata begadang.
9. Kalaubadancapek, bakalsusahbuatkonsentrasinya. Beberapatemanmenyarankanuntukliburduludariacaraolah raga ataukegiatanfisiklainnyaseharimenjelangulanganumum.
10. Belajarsambilmendengarkanmusikmemangasyik. Pilih music yang tenangtapimenggugah.Musikklasikmacam Beethoven ato Mozart bisadicoba.Musiktipeinicocokbangetbuatmenemanikamuselamamengerjakantugas yang jawabannyasudahpasti, sepertimatematika, ilmualamataubahasaasing.Dijamin stamina belajarAndaakanselaluberisidanpenuhsemangat.

0 komentar:

Posting Komentar